Salam

Hallo apa kabar? semoga hari-hari mu selalu indah..

Selamat datang di blog Rainbowpencilclub :)

Di sini teman-teman dapat membaca karya-karya kami seperti dongeng, artikel dan puisi.


Oya, jangan lupa untuk tinggalkan komentarnya yaa..

Dan bagi teman-teman yang punya karya dan ingin dimuat di blog ini, kirim saja ke email kami di
rainbowpencilclub@gmail.com . Kami tunggu karyamu dan selamat membaca cheerrss ^.^







Jumat, 21 Januari 2011

Larangan Sombong

By.Afini Rizkyana

Obyn (bacanya Obin) adalah anak berumur 8 tahun yang sangat kaya raya . Ia mempunyai banyak teman , dan disayang oleh kedua orang tua beserta gurunya . Tapi , semakin lama , kelakuan Obyn menjadi keterlaluan . Obyn menjadi sombong dan menganggap remeh segala – galanya . Obyn sangat suka mengatakan “ ah ! Dia lebih baik dariku !” atau “ cih ! Barang itu lebih jelek daripada punyaku!” .

Suatu hari , saat itu, pelajaran agama islam membahas tentang larangan sombong . Gurunya adalah Pak Pipit .

“ Buka halaman 75 ! “ perintah Pak Pipit pada semua murid kelas 3A itu .
“ baik , pak .” jawab murid – murid serempak . Di halaman 75 , terlihat jelas judul pembahasan pelajaran agama islam kini, di Kelas 3A, “LARANGAN SOMBONG “.
“ Obyn ! Baca paragraph pertama …” perintah Pak Pipit lagi pada Obyn . Obyn berdiri dari tempat duduknya, dan membaca dengan mulut lebar dan lantang . Eh , kalian mau lihat tidak , isi halaman 75 itu? Gini nih ……

Sebagai anak muslim, kita wajib melakukan perbuatan sholeh dan sholehah . Mulai dari menyingkirkan duri dijalan , sampai shalat lima waktu . Nah , selain itu, sebagai anak muslim , kita tak boleh melakukan perbuatan yang berdosa atau buruk. Yang pertama adalah sombong dan menganggap remeh segala hal . Itu perbuatan dosa , lho ! Jika kita sombong , kita akan masuk ke neraka yang mengeluarkan sekaligus memperlihatkan api yang super panas, dan menyala-nyala itu ! Makanya , kita tak boleh sombong . Sombong itu misalnya , kita dibelikan mainan baru yang keren , kita tak boleh pamer – pamer . Itulah yang dianggap sombong .

“sudah cukup , Obyn ! “ kata Pak Pipit .

Obyn kembali duduk . Teman sebangku Obyn , yaitu Daniel , berbicara dengan Obyn .
“ Obyn , kamu jangan tiru sikap sombong , ya . Kamu selama ini kan , sering bersikap sombong , “ ujar Daniel pada Obyn.
“ hei ! Aku tak bersikap sombong , kok . Siapa , sih , yang mau bersikap sombong ? Ternyata , kamu salah melihat dan berbicara . Masa , orang kaya raya dan sering dihormati , kok, di nasehati ? Sana!!! Aku tak mau berteman denganmu !!!” jawab Obyn sambil memukul pundak Daniel dengan keras . Pak Pipit yang menyaksikan kejadian itu menghampiri meja Daniel dan Obyn .
“ ada apa , sih , ribut – ribut ?” tanya Pak Pipit .
“ o…ooo…. Ti..Tidak p…pak . K…ka…kami hanya be…bercanda , kok…” jawab Obyn tergagap – gagap .
“ Di pelajaran kan , tak boleh bercanda ? “ tanya Pak Pipit lagi . Obyn bingung mau mencari alasan yang tepat agar ia tidak dihukum. “ini pak . Tadi , saya menasihati Obyn agar tidak sombong . Soalnya , akhir – akhir ini, sikap Obyn memang sombong, pak. Tapi , dia bilang , orang kaya raya seperti dia tak boleh dinasehati . Apakah itu sudah termasuk golongan sikap sombong , pak ? “ jawab Daniel sambil memegang pundaknya yang agak merah . Pak Pipit menggeleng – gelengkan kepalanya .
“ iya . Itu termasuk golongan sikap sombong . Obyn , nanti ketika istirahat keruang bapak , ya ! “ kata Pak Pipit lembut dan tanpa membentak . Usai itu, ia melangkah pergi menuju meja yang disediakan untuk guru yang sedang mengajar, didepan kelas .

Waktu istirahat , semua anak berhamburan keluar kelas dengan riang . Kecuali , Obyn . Ia melangkah gontai menuju ruang Pak Pipit .

TOK!! TOK!! “ masuk , “ suara lembut tapi agak serak terdengar dari ruangan Pak Pipit. Tentu saja , itu Pak Pipit . Obyn masuk ke ruangan Pak Pipit . Terlihat jelas Pak Pipit sedang tengah meneguk secangkir teh , di mejanya.
“ oh . Obyn . Duduk saja . Bapak ingin ngomong sama kamu .” kata Pak Pipit . Obyn duduk di kursi putar berwarna hitam legam .
“begini , Obyn . Kamu memang selama ini tak menyadari, ya, kalau kau bersikap sombong ? “ tanya Pak Pipit . Obyn terdiam . Lalu menjawab . “ em……Nggak , pak , “ jawab Obyn lirih .
“ aduh , Obyn . Bapak jelaskan , yah . Sikap sombong memang kebanyakan dialami oleh anak – anak kaya raya . Terutama sebaya kamu . Kebanyakan mereka tidak menyadari , seperti kamu . Sikap paling sombong adalah dari seorang hamba Allah pada zaman Nabi Musa , yaitu Qarun . Ia mempunyai bergudang – gudang emas , dan rumahnya sangat besar . Dulu , ia orang miskin yang tak berdaya dan sangat taat beribadah . Ia meminta Nabi Musa agar didoakan agar kaya raya . Maka , Kaya rayalah ia. Tapi, ia menjadi lupa Allah dan sombong . Allah akhirnya menurunkan azab untuknya , yaitu ia dan hartanya ditelan oleh bumi . Maka, harta yang digali bernama harta karun . Karun berasal dari kata Qarun .
“ jelas Pak Pipit . “ oya , bapak kasih hukuman ke kamu …..” kata Pak Pipit menakut – nakuti Obyn .
“ apa pak ? Hukuman ? Jangan dong , pak !!!” seru Obyn . “Hukumannya , kamu harus berusaha untuk tidak sombong lagi , ya ,” ujar Pak Pipit .
“ ah…… Insya Allah itu pak !!!! Ih… Bapak nakut – nakutin Obyn aja …….. “ kata Obyn sambil tertawa. Pak Pipit juga tertawa cekikikan.

Akhirnya , Obyn kembali seperti dulu lagi . Ia menjadi baik , dan tentu saja tidak sombong . Ia mendapat teman yang banyak , dan disayang oleh orang tua dan Guru. Jika Obyn berbuat kesalahan terhadap seseorang , ia pasti mengingat cerita Qarun , dan meminta maaf kepada orang yang ia buat kesal .

Teman – teman harus meniru sikap Obyn yang sekarang , ya. Baik , dan tidak sombong.

Hikmah:
Kita tak boleh sombong . Jika kita sombong , kita bisa mendapat azab dari Allah . Jadi , hindarilah perbuatan buruk , perbuatan baik , ayo kita laksanakan!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

tulis komentar-komentar kamu tentang dan untuk rainbowpencilclub